Prodi Doktor FMIPA Unila Lakukan Ujian Tertutup Untuk Dua Promovedous - .
RajaBackLink.com

Prodi Doktor FMIPA Unila Lakukan Ujian Tertutup Untuk Dua Promovedous

Bandar Lampung - publiklampung.com -- Gedung Meneng (13/06/2024) Program Studi Doktor MIPA, hari ini kembali melaksanakan ujian tertutup untuk dua promovendous doktor baru. Arie Setya Putra dan Yodhi Yuniarthe melakukan ujian tertutup  sebagai proses untuk meraih gelar Doktor MIPA di bidang Ilmu Komputer. Ujian tertutup tersebut dilakukan pada Kamis, 13 Juni 2024 bertempat di Gedung dekanat FMIPA lantai 2. Keduanya beberapa waktu lalu telah melalui ujian kelayakan dan dinyatakan layak untuk mengikuti ujian tertutup. 

Promovendous Arie dan Yodhi dibimbing oleh Prof. Admi Syarif, Ph.D., selaku Promotor dan Dr. Mahfut, Dr. Ratna,  Dr. Sumaryo GS dan Prof. Dr. Warsito, M.Sc., selaku co-promotor.

Keduanya mempertahankan disertasi berjudul “Implementasi Metode Kecerdasan Buatan untuk Penentuan Kualitas Kopi Robusta” dan “Evaluasi Kinerja Berbagai Metode Kecerdasan Buatan pada Dendrobium (Anggrek)”. 

Berdasarkan hasil penelitiannya, Arie yang merupakan Dosen Universitas Mitra  Indonesia (UMITRA) ini menyampaikan, penamaan anggrek merupakan salah satu hal yang sangat sulit. Kesulitan dan terbatasnya pakar Anggrek menjadikan banyak anggrek kita yang belum dinamai. 

Penelitiannya telah berhasil mengembangkan sistem berbasis Artificial Inteligence (AI) yang dapat membantu peneliti dan masyarakat menentukan jenis anggrek berdasarkan morfologi daun. Ia juga melakukan intensif riset dalam analisis bibliografi terkait pemanfaatan AI pada riset anggrek. Arie juga mengimplementasikan YOLO  untuk deteksi jenis anggrek secara realtime, menggunakan Android.

Yodhi dalam disertasinya menyampaikan hasil evaluasi terhadap kinerja Analitical Hyrerchy Process (AHP) untuk kualitas Kopi Robusta di 6 (enam) wilayah Lampung, Bengkulu dan Sumatera Selatan, dan juga melakukan bibliografi analisis implementasi AI untuk Kopi Robusta. Pada paper ketiganya, Jodi membahas sentiment analisis Kopi Robusta Lampung Berbasis Youtube. 

“Kedua promovendous ini sangat luar biasa dengan semua karya tulis yang mereka buat (masing-masing 3 paper) telah di accepted pada jurnal  internasional bereputasi terindex Scopus (accepted Q3 dan Q4)”, ujar Admi Syarif. hasil penelitian promovendous juga telah dipresentasikan pada seminar internasional. 

Prof. Admi Syarif, Ph.D., selaku promotor yang juga merupakan Dosen Ilmu Komputer FMIPA Unila menyampaikan bahwa penelitian-penelitian terkait AI  ini telah menghasilkan dampak signifikan di dunia riset. Hal ini ditunjukan dengan cukup banyaknya sitasi hasil penelitian oleh peneliti lain baik dari dalam dan luar negeri. 

Ia merasa sangat senang bisa membersamai promovendous ke-6 bimbingannya yang dari Unila. Kembali ia menyampaikan harapan semoga promovendous dapat melakukan ujian terbuka dalam waktu yang tidak terlalu lama. 

Harapannya kelak juga bimbingan-bimbingan saya dapat terus konsisten melakukan riset dan mencapai jabatan akademik guru besar.

Hadir sebagai penguji dari luar pada sidang teertutup kali ini yakni Dr. M. Said Hasibuan, M.Kom  yang merupakan dekan  Fakultas Ilmu Komputer IIB Darmajaya dan Pengurus Aptikom Indonesia.

Sementara penguji dari dalam yakni Dr. Favorisen Lumbanraja, Dr. Melya Ritiantini dan Prof. Dr. Kordiana F Rangga. Sidang ujian tertutup S-3 kali ini dipimpin dan dibuka langsung oleh Dr. Junaidi dan Dr. Aristoteles  selaku wakil Dekan FMIPA Unila, dan Dr. G. Nugroho Susanto, Ketua Program Studi Doktor MIPA, sebagai sekretaris penguji.

Setelah penetapan kelulusannya pada sidang promosi doktor terbuka yang disampaikan ketua sidang, kedua promovendous tampak gembira menyambut kelulusan tersebut. “Dengan demikian hari ini anda berdua telah dinyatakan lulus ujian tertutup. berikutnya anda berdua dapat mempersiapkan ujian akhir Promosi Doktor. Semoga semuanya dapat berjalan lancar ,” ujar ketua penguji.

Admi Syarif mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada tim promotor, Dekan, Prodi, Tim Penguji, serta semua pihak yang terlibat dalam selesainya penelitian ini.  “Saya juga memohon kepada ibu Rektor untuk berkenan menjadi ketua penguji pada ujian terbuka nantinya,” ujar Admi.

Kedua promovendous menyampaikan rasa syukur yang mendalam kepada Allah Subhana  Wa Taala atas selesainya tahapan ini. [Rilis_Admi]

Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com
Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment