Nasi Gandul dan Lontong Oser: Uenak Tenan ! - .
RajaBackLink.com

Nasi Gandul dan Lontong Oser: Uenak Tenan !

Bandar Lampung - publiklampung.com -- Cerita tentang makanan luar daerah yang maknyus yang populer di Bandar Lampung, selalu saja menarik untuk diulas. Tidak kurang dari media CNN pernah mewawancarai saya terkait hal ini. Beberapa kuliner luar daerah yang pernah saya ulas diantaranya Mie Kodon, Nasi Gambreng, Sate padang sidi, nasi jamblang dan lain-lain. 

Dari dulu aku penasaran sama cerita teman tentang Lontong Tahu Oser. Dulu, waktu ke Kudus dalam rangka monitoring pencetakan soal UN oleh PT Pura, enggak sempat nyoba karena udah kekenyangan duluan makan soto Kudus. 

Ternyata di Lampung ada juga lo, warung yang menjual aneka makanan khas Jawa Tengah yang maknyus tenan. Jumat lalu saya mengajak beberapa mahasiswa saya untuk kulineran di sini. Warungnya ada di Perumahan Rajabasa Indah, Jl. Pramuka. Kalau ente dari arah Rajabasa, Setelah berbelok di depan Puskesmas Rajabasa, kita ke kanan dan parkir aja di parkiran. Pas di depan parkiran kita akan melihat warungnya. Walaupun lokasinya di perumahan, di sini pelanggannya ruame banget lo gaes. Biasanya kita memang harus menunggu sebentar sambil mengunyah cemilan termasuk gorengannya yang wow banget.  Bener banget, kayaknya rugi banget kalau belum nyobain makan disini. 

Disini menunya ada Lontong oser, nasi gandul, soto kudus, sego pecel, ayam kalasan. Kalau aku rekomendasiin untuk cobain semuanya Nasi gandul, Lontong Oser dan Soto Kudus, karena nggak ada yang uenak alias semuanya enak sekali.

Bagi yang belum pernah mendengarnya, mungkin nama makanan satu ini terdengar sedikit aneh. Nggak tau juga kenapa namanya “Nasi Gandul”. Setahu saya waktu kecil, saya suka “ngegandul” alias bergantungan digerobak yang ditarik sapi. 

Nasi gandul adalah nasi putih yang diberi daging sapi dan diguyur dengan kuah bercita rasa gurih. Wow, kebayang kan, gimana menggodanya cita rasa kuliner ini.  Tentu juga tersedia sambal buat kamu yang sukka dengan rasa pedas. Catat alamatnya ya  gaes, kalau kamu ingin  mencicipi nikmatnya nasi gandul dari warung nasi gandul di sini. Seporsi nasi gandul ini bisa kamu santap dengan merogoh kocek enggak sampe Rp 20rb saja. Oya, warung ini buka setiap hari , pukul 09:00 -16:00.

Bagaimana dengan “Lontong oser” gaes ? Lontong oser adalah lontong yang diberi tahu goreng yang dilumuri telur. Setelah di oser-oser, kemudian ditambah sayuran dan dilumuri dengan bumbu kacang kental dan kecap manis. Wow, bikin ngences aja nih ya gaes ! Ada juga rasa cabe plus bawang putihnya lo.  Pasti rasanya manis-manis pedas gitu lo. Beda banget rasanya dengan ketoprak.

Terakhir aku ceritain tentang soto Kudusnya ya gars. Soto Kudus di sini juga memiliki Cita Rasa yang menarik dan berbeda dari Soto pada umumnya. Disini Soto Kudusnya memiliki kuah kaldu ayam yang kentak. Satu lagi gaes, disini nggak kenal yang namanya ayamnras alias semuanya pake ayam kampung. 

Warung ini menjual berbagai macam jenis makanan/minuman lain yang sangat enak dinikmati bersama keluarga atau bestie. Pastinya semua sajian enak dibanderol dengan harga-harga yang terjangkau.  Salah satu mahasiswa saya, Joy Sinaga, sampai berkeringat makan di sini. Buat kamu yang sudahbpernah nyobain, jangan lupa komentar ya.

Oleh: Prof. Admi Syarif, PhD

Dosen Unila dan tukang tulis

Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment