Apakah Masyarakat Indonesia Tertarik dengan Starlink ? - .
RajaBackLink.com

Apakah Masyarakat Indonesia Tertarik dengan Starlink ?

 

Arie Setya Putra

Bandar Lampung - publiklampung.com -- Starlink, layanan internet berbasis satelit orbit rendah milik Elon Musk baru saja diresmikan di Indonesia. Artinya kini masyarakat sudah bisa menggunakan layanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan internet sehari-hari

Menurut pengamat Teknologi, Dr. Arie Setya Putra Saat ini, Starlink bekerja sama dengan Telkomsat untuk memanfaatkan internet gateway milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Artinya, meskipun Starlink menggunakan satelit yang berlokasi di luar angkasa, "jaringan internet" yang disediakan Starlink tetap punya tanda lokasi Indonesia.

Menurut Arie, layanan Starlink memiliki ketergantungan yang rendah dengan gateway internet di lokasi tempat mereka beroperasi karena ribuan satelit Starlink bisa mengirim data satu sama lainnya. Fitur ini berarti ada kemungkinan trafik internet dari Indonesia "disalurkan" atau "dibocorkan" melalui satelit-satelit lainnya ke tanpa terpantau di dalam negeri.

Oleh karena itu, Pemerintah idealnya menekankan bahwa Starlink harus menempatkan NOC mereka di Indonesia. Jika ada NOC Starlink di Indonesia, pemerintah dan otoritas keamanan bisa memantau jaringan Starlink untuk menghindari potensi pelanggaran hukum, Ujarnya.


Akademisi Universitas MitraIndonesia ini menjelaskan, dengan Kecepatan maksimalnya mencapai 360 Mbps dan rata-rata mencapai 250 Mbps. Selain itu juga diperlihatkan fitur visual mapping sinyal dan juga log pencarian sinyal satelit. I thinks its Worth it kata arie menutup pembicaraan.

Berikut perincian harga paket internet Starlink di Indonesia:

1. Harga Internet Starlink Paket Residensial

Paket Residensial yang diklaim cocok untuk keluarga menawarkan internet berkecepatan tinggi dan latensi rendah tanpa batas. Paket layanan bulanan ini dipatok dengan harga:

Standar: Rp 750.000 per bulan

Perangkat keras standar: Rp 7.800.000.

2. Harga Internet Starlink Paket Jelajah

Paket Jelajah memiliki fitur utama berupa kuota mobile tanpa batas di pedalaman, portabilitas, serta jeda layanan kurang dari 10 mph saat bepergian atau dalam kondisi bergerak. Cocok dipasang di karavan untuk kelompok yang tidak menetap atau nomad, paket layanan meliputi:

Mobile regional: Rp 990.000 per bulan

Mobile global: Rp 6.995.480 per bulan

Perangkat keras standar: Rp 7.800.000.

3. Harga internet Starlink Paket Kapal

Paket Kapal diklaim cocok untuk maritim, tanggap darurat, maupun bisnis mobile atau bergerak. Paket ini menawarkan semua fitur mobile layanan global untuk penggunaan bepergian dan berlayar. Dengan prioritas jaringan dan dukungan prioritas, berikut biaya berlangganannya:

Prioritas mobile-50 GB (gigabita): Rp 4.345.000 per bulan

Prioritas mobile-1 TB (terabita): Rp 17.160.000 per bulan

Prioritas mobile-5 TB: Rp 86.130.000 per bulan

Perangkat keras performa tinggi flat: Rp 43.721.590.

4. Harga Internet Starlink Paket Lokasi Tetap

Paket Lokasi Tetap adalah layanan internet Starlink yang dikhususkan bagi bisnis dan pengguna dengan permintaan tinggi. Layanan ini memiliki fitur utama meliputi kuota standar tanpa batas, IP publik, prioritas jaringan, serta dukungan prioritas.

Berikut perincian harga berlangganan internet Starlink Paket Lokasi Tetap:

Prioritas-40 GB: Rp 1.100.000 per bulan

Prioritas-1 TB: Rp 3.025.000 per bulan

Prioritas-2 TB: Rp 6.116.000 per bulan

Prioritas-6 TB: Rp 12.320.000 per bulan

Perangkat keras standar: Rp 7.800.000.

Sebagai informasi, kuota prioritas tambahan per GB tersebut tersedia setelah kuota standar tanpa batas atau kuota prioritas habis.

 

5. Harga Internet Starlink Paket Mobilitas Darat

Paket layanan internet bisnis bertajuk Mobilitas Darat cocok untuk maritim, tanggap darurat, serta bisnis mobile. Fitur utama dari layanan ini, antara lain semua fitur mobile layanan global, penggunaan bepergian dan berlayar, prioritas jaringan, dan dukungan prioritas.

Harga berlangganan paket ini meliputi:

Prioritas mobile-50 GB: Rp 4.345.000 per bulan

Prioritas mobile-1 TB: Rp 17.160.000 per bulan

Prioritas mobile-5 TB: Rp 86.130.000 per bulan

Perangkat keras performa tinggi flat: Rp 43.721.590.

 

6. Harga Internet Starlink Paket Maritim

Paket Maritim memiliki fitur utama yang mencakup semua fitur mobile layanan global, penggunaan bepergian dan berlayar, prioritas jaringan, serta dukungan prioritas. Cocok untuk maritim, tanggap darurat, maupun bisnis yang tak diam di tempat, paket ini dihargai dengan:

Prioritas mobile-50 GB: Rp 4.345.000 per bulan

Prioritas mobile-1 TB: Rp 17.160.000 per bulan

Prioritas mobile-5 TB: Rp 86.130.000 per bulan

Perangkat keras performa tinggi flat: Rp 43.721.590.

 

Estimasi waktu pengiriman saat ini sendiri selama 1-2 minggu. Khusus "Starlink untuk Rumah", paket yang datang termasuk router Wi-Fi, kabel Starlink 15 meter, kabel daya, serta base station untuk menyambung perangkat.

Pengguna dapat memasang secara mandiri tanpa teknisi dengan mengikuti pedoman yang tersedia di aplikasi Starlink. Nantinya, pengguna akan menerima tagihan layanan bulanan pertama setelah mengaktifkan Starlink atau 30 hari setelah pengiriman.


Editor : Anisa Bela
Reporter : Helmi Ragil
Released © publiklampung.com
Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment