Keren Banget ! Bunda Eva Dwiana Terima Penghargaan dari Kemenpan RB Terkait Pelayanan Publik - .
RajaBackLink.com

Keren Banget ! Bunda Eva Dwiana Terima Penghargaan dari Kemenpan RB Terkait Pelayanan Publik


Bandar Lampung - publiklampung.com -- Pemerintah Kota Bandar Lampung mendapatkan penghargaan dari Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI terkait pelayanan publik.

Piagam Penghargaan sebagai pembina pelayanan publik kategori pelayanan prima tahun 2021 dengan predikat A diterima langsung oleh Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana dari Menteri Kemenpan RB, Tjahjo Kumolo, di Intercontinental Jakarta Pondok Indah Hotel, Jalan Metro Pondok Indah Kav, Jakarta Selatan, Selasa (8/3/2022).

Menteri Kemenpan RB, Tjahjo Kumolo mengatakan, secara reformasi, birokrasi bukan merupakan program Kemenpan RB tetapi salah satu dari visi misi Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, birokrasi di negara manapun lehernya pemerintahan. Apabila birokrasi gagal, pasti akan mendapatkan penilaian dari masyarakat bahwa pemerintah pusat hingga daerah itu gagal.

"Maka reformasi, memangkas birokrasi yang panjang menjadi pendek, cepat dan berani mengambil keputusan, serta mempercepat perizinan dan pelayanan publik," ungkapnya.

Tjahjo menjelaskan, hambatan perizinan ini tentu dapat juga menghambat investasi dan pertumbuhan ekonomi yang ada di daerah, termasuk bagaimana melayani masyarakat dengan cepat.

"Maka setiap tahun kita melakukan evaluasi seluruh kementerian lembaga, InsyaAllah pada akhir 2024, 514 kabupaten/kota, 34 provinsi, TNI Polri membuat inovasi mempercepat pelayanan publik dengan cepat," ujarnya.

Diketahui, penghargaan ini diberikan setelah adanya evaluasi yang dilakukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan DPMPTSP kabupaten/kota se-Indonesia.

Evaluasi tersebut berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No. 17/2017, dengan berisikan enam aspek yaitu kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik.

Dari penilaian tersebut, terdapat enam poin terkait pelaksanaan evaluasi kinerja penyelenggara pelayanan publik yaitu, kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan serta inovasi.

Di Provinsi Lampung, ada dua daerah yang mendapatkan penghargaan pada unit penyelenggara pelayanan publik kategori pelayanan prima, yakni Kabupaten Tulang Bawang pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Kota Bandar Lampung pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). (*/rls)

Editor : Difaldri
Reporter : Ridho Febrian
Share on Google Plus

About Publik Lampung

PT.Tricitra Media Coorporate provides one stop automated solution for your Technology. Depending on the size and field of your organization, we have different products and services to meet your requirements. We provide the optimum and customized solutions made for your organization.

0 comments:

Post a Comment